Sabtu, 15 Desember 2012

Jalan Terang diantara Jalan-jalan Kegelapan

       Mengikuti pemahaman yang benar adalah nikmat yang besar yang saat ini aku rasakan. Segala puji bagi Allah Azza wa Jalla yang memberi petunjuk kepada hambanya dan semoga tetap istiqomah di jalan yang haq ini hingga hembusan nafas terakhir. 
       Saudaraku semua, apakah pemahaman yang benar itu? Tentu dalam dunia pendidikan umum, ilmu-ilmu dunia ketika melakukan penelitian haruslah ilmiyah. Tentu pula dalam beragama Islam ini kita harus Ilmiyah, maksudnya apakah kajian yang disampaikan ustadz-ustadz atau da'i-da'i benar-benar ilmiyah sesuai dengan pemahaman Islam yang benar atau hanya sekedar asal-asalan tanpa dalil ataupula memakai dalil tetapi diselewengkan maknanya.
       Saya adalah salah satu orang yang terombang ambing ke sana kemari di dalam beragama Islam, Ikut-ikutan tanpa jelas arahnya. Namun alhamdulillah saya menjadi tenang, menjadi nyaman setelah mengenal manhaj salaf. Apa itu manhaj salaf?? Mudahnya manhaj salaf adalah manhaj atau jalan atau pemahaman para salaf atau para pendahulu kita. Siapakah mereka?? yakni para sahabat, tabi'in dan tabi'ut tabi'in. Merekalah sebaik-baik generasi sehingga tirulah mereka. Belajarlah darinya jangan engkau di dalam beragama hanya sekedar ikut-ikutan. 
  Untuk lebih dalam mengetahui manhaj salaf marilah kita baca artikel berikut ini muslim.or.id/manhaj/mari-mengenal-manhaj-salaf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar